Manfaat/Kasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Hampir semua orang menyukai buah semangka. Rasanya yang manis dan warnanya yang menarik menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu buah semangka mempunyai banyak kandungan Vitamin A, Likopen, vitamin C dan Vitamin E. Nah, karena kandungan gizi yang banyak ini buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat buah semangka bagi tubuh.

1. Pencegah Sariawan

Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut. Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti pada buah jeruk, lemon dan jambu biji.

2. Otot nyeri

Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin lakukan untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka.

3. 4. Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke
Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan daran darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

5. Memelihara kesehatan ginjal
Kalium yang terkandung dalam manfaat buah semangka ini, membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

6. Menjaga Kelembapan Kulit
Jika jenis kulit anda kulit kering, semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi semangka juga menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan seperti ini banyak pada tanaman yang mengandung banyak air seperti mentimun.

Nah itulah manfaat buah semangka yang mungkin tidak Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE agar bisa berbagi pengalaman yaa dear

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya