Atasi Sering Sakit Kepala

Atasi Sering Sakit Kepala, Sakit Pada Otot Saraf dan Nyeri Sendi dengan Mengkudu (Morinda citrifolia)

manfaat-buah-mengkudu-420x314
Salah satu alkoloid penting yang terdapat di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Zat ini ditemukan pertama kali oleh Dr. Raplh Heinicke, ahli biokimia. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (prekursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino, atau asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Kalau kita mengonsumsi proxeronine, kadar xeronine di dalam tubuh kita akan meningkat. Di dalam usus enzim proxeronine dan zat-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Selanjutnya xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel aktif.
“Mengkudu, si buruk rupa kaya khasiat.”
Beberapa kasus rasa sakit yang kronis, seperti sakit kepala terus-menerus, rasa sakit pada otot saraf, dan nyeri sendi dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mengkudu. Menurut teori Dr. Heinicke, xeronine-lah yang berperan dalam menghilangkan rasa sakit itu. Hal itu dikaitkan dengan kemampuan xeronine menormalkan protein pada sel-sel abnormal, termasuk sel jaringan otak, tempat berasalnya rasa sakit.
Riset ilmiah membuktikan efek mengkudu untuk mengatasi rasa sakit. Pada tahun 1990 para peneliti menemukan bahwa ekstrak sari buah mengkudu menunjukkan hubungan signifikan antara dosis yang diberikan dan aktivitas analgesik tikus-tikus percobaan. Semakin banyak ekstrak yang digunakan, efeknya semakin kuat.

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya