Buah Pisang | Manfaat | Khasiat | nilai Gizi

Buah Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang sangat digemari. Pisang mudah didapatkan, juga mudah untuk di konsumsi. Selain itu pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh buah ini.
Manfaat Pisang :
KESEHATAN

Darah tinggi, stroke, dan jantung. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor terjangkitnya penyakit stroke. Kandungan kalium dan potasium yang terdapat pada pisang dapat melancarkan sistem sirkulasi tubuh sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar, denyut jantung menjadi teratur, tekanan darah normal.
Kolesterol.  Pisang memiliki kalori lemak yang rendah, hal ini dan kandungan sodium didalamnya membantu menurunkan kolesterol.
Diare. Pisang merupakan makanan yang dianjurkan pada saat diare. Dengan kandungan kalium yang banyak, dapat membuat feses menjadi padat. Kandungan serat didalamnya mampu memulihkan usus pada saat diare.
Anemia. Mampu mengobati anemia dengan merangsang hemoglobin pada darah karena banyak mengandung zat besi.
Liver. Dengan mengonsumsi pisang dan madu, nafsu makan akan bertambah dan membuat lebih kuat.
Meredakan flu dan depresi. Pisang mempengaruhi saraf yang membuat dapat meningkatkan mood, menenangkan pikiran, menurunkan kemungkinan depresi dan juga dapat meredakan flu. Dapat disajikan sebagai jus pisang. Sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari, karena memiliki keasaman yang tinggi.
Maag. Pisang memiliki zat penangkal asam dan bertekstur lembut yang mengurangi iritasi hingga rasa sakit pada maag akan berkurang.
Manfaat buah pisang
KECANTIKAN
Pisang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin Z, kalsium, protein, magnesium, besi, fosfor, air, gula, serat, dan kandungan lainnya. Kandungan gizi ini tidak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga berguna untuk kecantikan, terutama pada bagian kulit.
Kecantikan kulit.  Untuk kecantikan kulit pisang biasa dileburkan dan di oleskan pada daerah kulit yang diinginkan. Bisa dioleskan begitu saja atau di ramu seperti masker.
-          Mengurangi  kulit kering.
-          Mengangkat sel kulit mati.
-          Menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan noda kulit.
-          Membuat kulit wajah cerah, lembut, dan kencang.
-          Mencegah penuaan serta keriput.
-          Membuat kulit payudara lebih kencang.
-          Mempercepat penyembuhan luka pada kulit.
-          Menghilangkan kulit kehitaman dibawah mata (lingkaran hitam0
Diet. Masa sekarang, kecantikan tubuh sering di identikkan dengan tubuh yang langsing. Hal ini membuat banyak yang berusaha diet untuk menurunkan berat badan guna memperoleh tubuh yang cantik atau langsing. Pisang dengan nutrisi tinggi dan kalori rendah tentu menjadi salah satu makanan favorit untuk diet. Kalori pada 1 buah pisang hanya berkisar kurang lebih 100 kal.
Kecantikan rambut. Dengan menggunakan pisang seperti layaknya masker rambut. Biasa dicampur dengan minyak zaitun atau jeruk nipis, bisa juga madu maupun susu.
-          Mengatasi ketombe, rambut beruban, atau kering
-          Menurunkan banyaknya rambut rontok
-          Melembabkan kulit kepala
-          Membuat ramut lebih lembut, kuat, dan berkilau

MANFAAT LAIN
Meningkatkan kinerja otak. Dapat meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi.
Kecanduan atau terhadap rokok atau tembakau. Kandungan vitamin B6 dan B12 dapat menetralisir atau mengurangi  efek negatif dari nikotin baik secara fisik maupun psikologis.
Wanita hamil. Pisang sangatlah cocok dan lengkap sebagai konsumsi wanita hamil. Yang sering dialami oleh wanita hamil adalah anemia, rasa lelah, kram kaki, dan mual. Dengan mengonsumsi pisang, kekurangan asam folat yang menjadi penyebab anemia teratasi. Buah ini juga menenangkan lambung sehabis mual, kram kaki dapat diatasi dengan kalium yang terkandung didalamnya. Selain itu pisang juga dapat membantu pertumbuhan otak, sumsum tulang belakang, pembuluh darah, tulang, gusi pada bayi.
sumber gambar : http://goo.gl/TWkQf

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya