Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronchus) (saluran udara ke paru-paru).

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.
Penyakit Bronkitis Dan Cara Mengobatinya
Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi yang terjadi pada bronkus dan biasnaya berasal dari hidung juga tenggorokan. Apa yang dimaksud dengan bronkus? Bronkus adalah suatu pipa yang sempit yang sumbernya berasal dari trakea, yang bisa dihubungkan dengan saluran pernapasan atas, hidung, tenggorokan, dan juga sinus ke paru. Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit bronkitis adalah batuk pilek atau flu, namun batuk akan menjadi lebih parah jika terjadi infeksi pada paru dan menyebar ke bronkus.

Peradangan yang terjadi pada penyakit bronkitis ini adalah peradangan dengan peningkatan produksi lendir yang terjadi secara berlebihan sehingga dahak yang muncul lebih banyak. Dahak bisa merespon dari terjadinya penyakit batuk untuk mengeluarkannya. Asap rokok dan juga asap debu biasanya dapat merusak bronkus dan bisa memudahkan dari terjadinya penyakit bronkitis.

Penyakit bronkitis dan cara mengobatinya adalah menjaga dan memudahkan untuk pembuangan dari sekresi bronchial yang dilakukan untuk mencegah dari terjadinya infeksi serta untuk mencegah dari terjadinya kecacatan. Proses pada pengobatan penyakit bronkitis ini memerlukan suatu energi yang besar, entah dari segi biaya yang dikeluarkan, atau waktu yang tersita banyak untuk mengikutinya,

Penyakit bronkitis dan cara mengobatinya dilakukan dengan menyuntikkan vaksin influenza. Pengobatan ini biasanya dilakukan untuk mencegah dari terjadinya infeksi pada bagian dada dan paru-paru di musim dingin Namun, tentu saja hal ini merupakan hal yang baik dengan cara menyuntikkan vaksin pada pasien sebelum penyakit bronkitis kambuh lagi.

Sebaiknya hal yang dilakukan pada suntikan vaksin ini dilakukan secara berulang-ulang misalnya dilakukan setahun dalam sekali dengan tujuan untuk mencegah dari kambuhnya penyakit bronkitis dan cara mengobatinya. Cara mengobati penyakit bronkitis dengan pengobatan suntikan antibiotika juga bisa dilakukan antibiotika. Cara lain yang harus dilakukan adalah menghindari rokok dan juga minuman yang beralkohol yang bisa menjadi pemicu dari terjadinya penyakit bronkitis. Minum banyak air putih bisa membantu sekresi pengeluaran dahak.

Faktor Risiko dan Diagnosa Bronkitis
Bronkitis yang merupakan suatu penyakit radang pada bronkus yang merupakan saluran udara menuju ke paru-paru. Bronkitis memang penyakit yang tidak terlalu serius karena bisa sembuh dengan sendiri kecuali orang yang sudah lanjut usia dengan berbagai penyakit menahun seperti penyakit jantung dan penyakit paru-paru lainnya.

Beberapa faktor risiko yang berbeda dapat memicu bronkitis kronis adalah sebagai berikut :

1. Merokok
2. Orang yang mengalami penurunan imunitas tubuh
3. Orang yang terkena iritasi paru-paru
4. Sering mengalami infeksi saluran pernapasan
5. Terkena paparan polutan udara

Diagnosis untuk mendeteksi bronkitis biasanya dilakukan berdasarkan gejala, terutama dari adanya lendir. Pada pemeriksaan dengan mengggunakan stetoskop akan terdengar bunyi ronki atau bunyi pernapasan yang abnormal.

Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan, seperti :

- Tes fungsi paru-paru
- Gas darah arteri
- Rontgen dada

Gejala Penyakit Bronkitis
Penyakit bronkitis yang menyerang organ paru-paru yang merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia yang merupakan penyedia udara (napas) bagi manusia, namun sering kali menuai gangguan penyakit yang umumnya diakibatkan oleh kesalahan individu itu sendiri, seperti merokok yang merupakan faktor utama dari kasus penyebab penyakit bronkitis dan penyakit seputar paru-paru yang banyak menyerang.

Penyakit bronkitis termasuk dalam jenis penyakit yang mudah menular melalui polusi udara seperti bersin, flu bahkan melalui pori-pori kulit. Bronkitis timbul tidak hanya disebabkan oleh adanya bakteri yang bersarang dalam tubuh terutama paru-paru. Penyebab penyakit bronkitis ini juga didukung oleh pola kehidupan dan kebiasaan sehari-hari yang salah.

Bronkitis banyak diartikan oleh masyarakat umum sebagai penyakit sesak napas akut terutama bagi mereka yang aktif dalam rokok. Mereka yang menderita bronkitis umumnya akan menunjukkan gejala umum seperti :

1. Batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
2. sesak napas ketika melakukan olahraga atau aktivitas ringan
3. Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu)
4. Napas berat
5. Mudah lelah
6. Pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan tungkai kaki kiri dan kanan
7. Wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
8. Pipi tampak kemerahan
9. Sakit kepala
10. Gangguan penglihatan

Bronkitis
Bronkitis adalah suatu peradangan pada bronkus (saluran udara ke paru-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi, pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya, penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pda usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.
Bronkitis
Gambar penderita bronkitis dan sel pembuluh darah penderita bronkitis

Bronkitis juga dapat diartikan sebagai suatu penyakit yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Di daerah tersebut biasanya terjadi peradangan akibat basil dan berbagai zat polutan. Bronkitis merupakan penyakit yang sangat menular. Pada bronkitis biasanya disebabkan oleh adanya kuman atau basil, tidak ada unsur alergi dari si penderita. Sementara itu, penyebab bronkitis lebih banyak dipengaruhi oleh sifat alergi si penderita. Biasanya faktor keturunan juga berpengaruh pada penderita bronkitis kronis.

Secara umum, bronkitis dibagi menjadi 2 jenis yaitu, bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut timbul karena flu atau infeksi lain pada saluran napas dan dapt membaik dalam beberapa hari atau beberapa pekan. Sedangkan, bronkitis kronis yang merupakan iritasi atau radang menetap pada saluran napas harus ditangani dengan lebih serius. seringa kali, bronkitis kronis disebabkan karena rokok.

beragai sumber sosial media

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya