Mengobati Batuk Secara Alami


cara mengobati batuk

Setiap orang pernah mengalami batuk. Batuk sebenarnya adalah proses alami semua orang sebagai berntuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk ini sangat beragam dan terkait erat dengan sistem pernapasan.
Batuk juga memiliki tingkat keparahan, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk parah yang sering disertai dengan perdarahan. Batuk tidak sederhana yang disangka banyak orang. Beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk jangka pendek sampai berkepanjangan, yang jika tak segera diobatin bisa bertambah parah dan mengganggu aktifitas. Sebelum anda mengobati batuk, anda layak tau beberapa penyebab batuk yaitu sebagai berikut:
Tetesan di belakang hidung
Dahak yang berlebihan dapat terjadi dalam beberapa alergi dan sinusitis (radang sinus mukosa). Lendir yang mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan dapat menyebabkan iritasi dan biasanya menimbulkan batuk.
Pilek dan flu
Pilek dan flu adalah penyebab paling umum dari batuk.
Asma
Batuk dapat disebabkan oleh asma ringan (peradangan atau penyempitan saluran udara). Jadi, untuk Anda atau untuk keluarga yang ingin menghindari serangan asma, sebisa mungkin untuk menghindari iritasi yang dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti batuk.
Lingkungan
Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara dingin dapat menyebabkan batuk.
Obat-obatan
Anda mungkin tidak tahu bahwa batuk mungkin merupakan efek samping dari obat-obatan seperti kortikostreoid yang dihirup. Batuk juga dapat terjadi karena penggunaan beta-blockers dan converting enzyme inhibitor (ACE), yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.
Gastroesophagael refluks
Keadaan batuk yang memburuk saat Anda berbaring mungkin disebabkan oleh aliran asam lambung ke kerongkongan.
Dalam batuk ada yang disebut batuk berdahak dan tidak berdahak. Batuk berdahak tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari yang memiliki mobilitas tinggi. Jika demikian, penyembuhan batuk harus dilakukan segera untuk mencegah batuk semakin memburuk.
Batuk berdahak tidak hanya disembuhkan oleh obat yang dibuat pabrik, tetapi juga bisa disembuhkan oleh obat tradisional batuk.
Sebelum menjelaskan cara mengatasi batuk dengan bahan-bahan alami, ada beberapa tips yang harus digunakan ketika Anda mengalami batuk berdahak, antara lain sebagai berikut:
  • Jauhi tempat-tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Keduanya diketahui menyebabkan batuk.
  • Jaga tubuh Anda agar tetap hangat, bisa menggunakan selimut atau jaket.
  • Jika mandi tidak lupa untuk menggunakan air panas.
  • Hentikan kebiasaan buruk yang dapat memperburuk batuk berdahak Anda, seperti merokok atau konsumsi alkohol.
  • Alokasikan waktu untuk mengambil istirahat secara teratur dan tidak menggunakan terlalu memaksa untuk bekerja.
  • Meningkatkan konsumsi air antara sekitar 7-8 gelas sehari. Minum air dapat membantu melonggarkan lendir.
Dan berikut ini adalah bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat batuk alami, yaitu :
Jahe
Seperti yang kita tahu bahwa jahe memiliki zat anti bakteri yang sangat baik. Jahe juga dapat menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda mengalami batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk minum jus jahe panas setidaknya sekali sehari. Mudahnya anda bisa mengiris jahe lalu merebusnya, kemudian air rebusan diambil sarinya. Kemudian minum.
Jeruk nipis
Ada banyak orang yang berpikir bahwa jeruk nipis dicampur dengan kecap efektif untuk mengobati batuk berdahak. Jika Anda tidak suka kecap, dapat mencampurnya dengan madu kapur. Setidaknya diminum 2-3 kali sehari.
Daun sirih
Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat melawan batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun sirih secukupnya dan campurkan dengan potongan jahe. Kemudian minum sekali sehari untuk menjaga tubuh tetap hangat dan sehat.
Bahan-bahan alami tanpa efek samping dapat digunakan sebagai obat batuk secara berkelanjutan. Sekarang pilihan Anda, dan itu pilihan anda untuk mengobati secara alami atau pergi ke dokter?

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya