Informasi Kesehatan Indonesia


Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


Obat Alami Tangani Serangan Epilepsi
DokterSehat.Com – Apakah anda mempunyai teman yang suka kejang-kejang atau bengong sesaat? waspada dan selalu hati-hati itu bisa terjadi penyakit yang menakutkan, Epilepsi adalah suatu gangguan pada sistem syaraf otak manusia karena terjadinya aktivitas yang berlebihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh manusia mulai dari bengong sesaat, kesemutan, gangguan kesadaran, kejang-kejang dan atau kontraksi otot. Epilepsi atau yang sering kita sebut ayan atau sawan tidak disebabkan atau dipicu oleh bakteri atau virus dan gejala epilepsi dapat diredam dengan bantuan orang-orang yang ada disekitar penderita.
Penyakit epilepsi merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa pun walaupun dari garis keturunan tidak ada yang pernah mengalami epilepsy, epilepsi tidak bisa menular ke orang lain karena hanya merupakan gangguan otak yang tidak dipicu oleh suatu kuman virus dan bakteri.
Berikut ini obat alami epilepsy :
  • Paprika Peru atau Peruvian Pepper (False Pepper)
    Paprika peru adalah ramuan yang tumbuh sebagai pohon anggur atau merambat, daun dari tanaman ini sangat membantu untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan saraf seperti epilepsi. Mungkin Anda bisa mencoba menanamnya untuk mencegah serangan epilepsi secara alami.
  • Bunga Passionflower
    Passionflower merupakan bagian dari obat-obatan herbal yang diperuntukkan untuk mengobati epilepsi di masa lalu. Harum bunga ini memang memiliki efek menenangkan pada pikiran Anda, oleh karena itu, bunga ini harus dikombinasikan dengan herbal menenangkan lainnya yang memiliki efek besar pada serangan epilepsi.
  • Magnesium
    Kekurangan magnesium adalah salah satu pemicu utama dari epilepsi. Untuk itulah mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium adalah salah satu solusi alami terbaik dalam menangani kejang. Contohnya, segela jenis sayuran berdaun hijau gelap.
  • Valerian
    Valerian adalah salah satu obat herbal terbaik yang dapat digunakan utnuk mengendalikan serangan epilepsi. Ini ramuan obat penenang yang memiliki efek anti-kejang pada tubuh, dan menjadi salah satu solusi terbaik mengatasi kejang
Sifilis Penyakit Pada Organ Reproduksi Pria
DokterSehat.Com – Mungkin penyakit pada organ reproduksi pria yang satu ini tidak asing lagi di telinga anda karena penyakit ini sangat berpotensi menyerang seluruh pria di dunia tanpa terkecuali, sifatnya yang tergolong sangat berbahaya menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh pria.
Sifilis atau yang sering populer dengan nama raja singa, pasti dong udah pada tau penyakit yang satu ini. Penyakit sifilis merupakan penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, atau lebih dikenal dengan nama treponema pallidum, bentuk bakteri ini sendiri adalah spiral.
Jenisnya juga tergolong yang dapat bergerak atau dalam bahasa ilmiah disebut motil, karakternya sendiri tergolong ganas karena menginfeksi langsung organ seksual pada pria dan bakteri ini masuk ke dalam tubuh inang melalui celah di antara sel epitel seperti yang dilansir laman medicalnewstoday.com.
Gejala dan tanda-tanda sifilis
Banyak dari para penderita sifilis yang tidak menyadari jika mereka terkena sifilis dan karena itu mereka tidak mendapat pengobatan yang baik, infeksi terutama didapat apabila ada kontak langsung dengan luka terbuka sifilis yang sedang aktif.
Sifilis mempunyai beberapa stadium infeksi, setelah terinfeksi dengan sifilis, ada masa inkubasi, yaitu masa sampai sebelum timbulnya gejala luka terbuka yang disebut chancre sekitar 9-90 hari, umumnya rata-rata saat 21 hari sudah terlihat.
Stadium pertama sifilis bisa ada sebuah luka terbuka yang disebut chancre di daerah genital, rektal, atau mulut. Luka terbuka ini tidak terasa sakit. Pembesaran kelenjar limfe bisa saja muncul. Seorang penderita bisa saja tidak merasakan sakitnya dan biasanya luka ini sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-6 minggu, maka dari itu penderita biasanya tidak akan datang ke dokter untuk berobat, tetapi bukan berarti sifilis ini menghilang, tapi tetap beredar di dalam tubuh. Jika tidak diatasi dengan baik, akan berlanjut hingga stadium selanjutnya.
Stadium kedua muncul sekitar 1-6 bulan (rata-rata sekitar 6-8 minggu) setelah infeksi pertama, ada beberapa manifestasi yang berbeda pada stadium kedua ini. Suatu ruam kemerahan bisa saja timbul tanpa disertai rasa gatal di bagian-bagian tertentu,seperti telapak tangan dan kaki, atau area lembab, seperti skrotum dan bibir vagina. Selain ruam ini, timbul gejala-gejala lainnya, seperti demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, sakit kepala, kehilangan berat badan, nyeri otot, dan perlu diketahui bahwa gejala dan tanda dari infeksi kedua sifilis ini juga akan bisa hilang dengan sendirinya, tapi juga perlu diingat bahwa ini bukan berarti sifilis hilang dari tubuh Anda, tapi infeksinya berlanjut hingga stadium laten.
Stadium laten adalah stadium di mana jika diperiksa dengan tes laboratorium, hasilnya positif, tetapi gejala dan tanda bisa ada ataupun tidak. Stadium laten ini juga dibagi sebagai stadium awal dan akhir laten. Dinyatakan sebagai sifilis laten awal ketika sifilis sudah berada di dalam badan selama dua tahun atau kurang dari infeksi pertama dengan atau tanpa gejala. Sedangkan sifilis laten akhir jika sudah menderita selama dua tahun atau lebih dari infeksi pertama tanpa adanya bukti gejala klinis. Pada praktiknya, sering kali tidak diketahui kapan mulai terkena sehingga sering kali harus diasumsikan bahwa penderita sudah sampai stadium laten.
Sifilis tersier yang muncul pada 1/3 dari penderita yang tidak ditangani dengan baik. Biasanya timbul 1-10 tahun setelah infeksi awal, tetapi pada beberapa kasus bisa sampai 50 tahun baru timbul, stadium ini bisa dilihat dengan tanda-tanda timbul benjolan seperti tumor yang lunak. Pada stadium ini, banyak kerusakan organ yang bisa terjadi, mulai dari kerusakan tulang, saraf, otak, otot, mata, jantung, dan organ lainnya.
Jika penanganan baik
Untuk ke depannya, jika sifilis menerima penanganan dengan baik pada awal terkena sifilis, akan memberikan hasil yang cukup baik. Perlu diingat, kegagalan terapi bisa saja terjadi dan bisa saja terjadi reinfeksi. Tidak ada kriteria pasti mengenai kesembuhan pasien dengan infeksi sifilis pertama dan kedua, tetapi sifilis bisa dipertimbangkan sembuh jika selama dua tahun tes darah negatif dan tidak ada gejala yang timbul.
Penyakit Kelamin Pada Wanita
DokterSehat.Com – Kalau penyakit kelamin wanita menyerang, maka sakitnya akan terasa bertubi-tubi. Bentuk alat kelamin wanita yang tersembunyi membuatnya menjadi agak sulit mengobati penyakit kelamin wanita tersebut. Bahaya penyakit kelamin wanitapun tidak tanggung-tanggung. Bayangkan kalau seorang wanita terkena gonorrhea (GO) atau raja singa dan tidak diobati karena mungkin tidak terlalu terasa, maka lama-lama wanita tersebut bisa mandul.
Apalagi kalau penyakit kelamin wanita itu berupa genital warts alias penyakit kutil kelamin yang  tumbuh di vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, dan leher rahim, maka sakitnya pastilah sangat mengganggu. Selain itu, penyakit kutil kelamin ini dapat menyebabkan kanker serviks. Sangat dianjurkan bagi wanita yang sering berganti pasangan tidur untuk melakukan pap smear secara teratur.
Berikut beberapa jenis penyakit kelamin pada wanita :
  1. HPV
    Penyakit kelamin pada wanita yang bernama human papilloma virus (HPV) ini adalah salah satu infeksi virus yang disebabkan oleh hubungan seksual paling umum. Sebagian besar penyakit ini tidak begitu berbahaya tetapi jika test smear nampak tidak normal, dokter akan menyarankan untuk test lab.
Cara untuk mengetahui HPV adalah dengan cervical smear atau screening kesehatan seksual. Yakinlah untuk memeriksa secara teratur setidaknya satu kali setiap tiga tahun. Berhenti merokok karena penelitian menemukan hubungan antara merokok dan kanker vulva.
  1. PID
    Penyakit kelamin pada wanita  yang disebut Pelvic Inflammatory Disease (PID) mempengaruhi satu dari 10 wanita dan jika dibiarkan akan menyebabkan ketidaksuburan. Gejala yang mungkin timbul pinggul sakit saat hubungan seks, pendarahan yang tidak teratur atau perubahan bau pada vagina. Segera periksa ke dokter jika anda menemukan gejala itu. Penyakit ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotik.
Upaya pencegahan PID adalah lakukan seks yang aman dan memeriksakan secara teratur. Kadang-kadang gejala tidak begitu jelas sampai semua terlambat.
  1. BV
    Bacterial Vaginosis adalah salah satu infeksi vagina yang paling umum diantara wanita di usia beranak. Penyakit ini sering dianggap hanya infeksi karena memiliki gejala yang sangat umum dengan infeksi biasa.
Gejala dari ketidakseimbangan bakteri dalam vagina termasuk gatal, aroma amis dan perubahan dalam vagina. Jangan biarkan gejala-gejala tersebut dan yakinlah untuk diperiksa dan disembuhkan dengan baik. Jika dibiarkan, ini akan meningkat resiko berkembang menjadi PID.
  1. Radang Mulut
    Penyakit Kelamin Pada Wanita berupa radang mulut, biasanya ditularkan melalui oral seks. Rongga mulut mungkin mengidap suatu penyakit kelamin kalau melakukan seks oral dengan orang yang sedang mengidap penyakit tersebut. Sebagai contoh, kalau seorang wanita melakukan seks oral terhadap seorang pria yang sedang mengidap gonorrhea (kencing nanah), maka dapat saja terjadi penularan dari penis ke lapisan mulut bagian dalam atau tenggorok.
Akibatnya wanita itu mengalami radang mulut atau tenggorok karena gonorea. Kalau kemudian wanita itu melakukan seks oral terhadap pria lain yang sehat, pria itu dapat tertular sehingga mengalami gonorea. Namun. kalau rongga mulut tidak mengidap penyakit kelamin, tentu seks oral tidak merupakan sumber penularan.
  1. Kanker tenggorokan
    Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan kanker tenggorokan pada pria atau wanita, dicurigai menular lewat aktivitas seks oral. Dalam sebuah studi yang baru pertama kali dilakukan, para ahli meneliti kaitan antara human papilloma virus (HPV) yang menyebabkan kanker leher rahim dengan kanker oropharyngeal yang menyerang tenggorokan, tonsil dan bagian belakang lidah. Angka kejadian penularan penyakit kelamin pada wanita yang bernama HPV melalui kegiatan oral sex di Amerika Serikat terus mengalami peningkatan sejak tahun 1973. Kini bertambah lagi resiko penularan penyakit lewat seks oral, yakni kanker tenggorokan.
Setiap orang harus memastikan bahwa dirinya dan pasangannya bebas dari penyakit kelamin sebelum melakukan hubungan seksual. Tidak ada penyakit yang ditularkan melalui seks oral yang tidak bisa ditularkan melalui seks dalam bentuk lainnya. Jika seseorang mengidap penyakit kelamin, maka pasangannya kemungkinan akan tertular apapun bentuk hubungan seks yang mereka lakukan. Singkatnya, hubungan seks diantara pasangan yang sehat adalah aman dan bersih. Sehingga Penyakit kelamin pada wanita tidak menyebar kepada pria.

Diet Sehat Langsing Satu Bulan
DokterSehat.Com – Yang namanya hidup sehat, semua berawal dari pikiran yang yang sehat dan benar dan juga diet sehat. Bukanlah hasil akhir yang penting, melainkan bagaimana proses menjalaninya dalam mengubah gaya hidup Anda. Diet sehat sendiri sebenarnya merupakan sebuah manajemen dalam mengatur pola makan. Program diet sehat yang benar adalah diet sehat yang sudah menjadi gaya hidup sehari-hari, bukan untuk sementara satu bulan atau bahkan satu minggu. Hal itu akan menjadi kurang efektif jika dijalankan karena perilaku ini akan kembali ke semula pada akhirnya. Memang untuk memulai diet sehat, sebaiknya dimulai dari yang ringan dulu dan itu bisa Anda jalani asalkan dengan niat dan konsistensi yang stabil.
Berikut program diet sehat :
  • Bebas gula
    Gula adalah zat yang menyebabkan tubuh memproduksi hormon insulin sangat tinggi, yang dikenal sebagai insulin spike. Tubuh memproduksi insulin agar gula dapat segera dimasukkan ke dalam sel tubuh. Ibarat kunci dan gembok, maka insulin adalah kunci yang membuka gembok pintu sel agar gula dapat masuk ke dalam sel tubuh. Apabila tubuh dipaksa terus-menerus menerima gula dalam konsentrasi tinggi, maka fungsi insulin pun menjadi berkurang. Hal ini terjadi karena sel tubuh menjadi tidak atau kurang sensitif terhadap insulin. Akibatnya, kita berisiko menderita kegemukan, diabetes, penyakit jantung koroner, hipertensi, atau stroke. Makanya, jika tak ingin melepas rasa manis, gula yang disarankan adalah gula aren, karena gula aren adalah gula alami. Selama diproses dengan benar, maka gula aren adalah pilihan yang relatif sehat bagi tubuh manusia.
  • Beralih ke karbohidrat kompleks
    Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang kaya akan serat, artinya, pelepasan gula darah akan stabil. Contohnya, beras merah, roti gandum utuh, kentang (dengan kulitnya). Beras merah mengandung Vitamin B kompleks dan serat yang sangat penting untuk proses pengolahan energi dan pencernaan. Dampaknya bagi tubuh, energi kita lebih stabil seharian, lebih enerjik, produktif, dan stamina tinggi. Karbo kompleks lebih sukar disimpan sebagai lemak, untuk itu, lebih sehat, lebih langsing, dan berkhasiat mengurangi selulit. Dengan mengonsumsi karbo kompleks, mood juga menjadi lebih bagus, lebih percaya diri, dan tidak mudah bete.
  • Makan buah sebelum makan
    Camilan yang terbaik untuk tubuh adalah buah. Dalam sehari, setidaknya kita harus mengonsumsi dua macam buah, untuk dimakan tiga kali sehari.  Buah yang dijus boleh saja, dengan catatan, bukan jus kemasan. Makan buah sehari sepiring penuh, usus seperti dicuci, otomatis metabolisme tubuh juga akan naik. Kenapa harus sebelum makan? Tujuannya, simple, supaya ingat. Perut terisi lebih dahulu, jadi kalori yang masuk lebih sedikit. Vitamin dan mineral yang masuk itu akan membantu proses pengolahan sumber energi yang dimakan. Suasana tubuh menjadi lebih basa, sehingga mengurangi risiko kanker, osteoporosis, dan berbagai penyakit degeneratif lain.
  • Bebas minyak gorengan
    Kadar lemak jenuh yang dihasilkan melalui proses penggorengan akan menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat inilah pemicu penyakit jantung, hipertensi, dan penyakit degeneratif lainnya.
  • Olahraga
    Tidak harus ke gym dan tak perlu ekstrem setiap hari, pilih olah raga  apa saja yang membuat Anda happy. Minimal, jalan kaki keliling mal sebelum membeli barang, itu pun bisa dihitung olah raga.
Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan
DokterSehat.Com – Permasalahan seputar cara menurunkan berat badan adalah masalah yang sering ditanyakan oleh kita saat berat badan mulai menunjukkan kenaikan. Kegemukan apalagi obesitas bagi sebagian kita merupakan mimpi buruk terutama bagi kita yang peduli masalah penampilan dan kesehatan.  Kegemukan selain berkaitan dengan penampilan juga sedikit banyak pasti ikut mempengaruhi rasa percaya diri. Namun sebenarnya ada tips diet menurunkan berat badan yang dapat Ada coba.
Sekeras apapun usaha Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan tanpa mengetahui tips tips nya , rasa rasanya tidak akan maksimal hasilnya. Tips tips diet menurunkan berat badan sebenarnya sangat banyak, disini kami tulis beberapa tips yang relatif berperan penting dalam diet menurunkan berat badan Anda.
  • Minum banyak air atau minuman bebas kalori
    Orang kadang-kadang bingung ketika dalam kondisi haus dengan lapar, sehingga mereka akhirnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori ekstra dari makanan atau minuman dingin yang dibutuhkan. Jika haus, air putih adalah pilihan yang baik.

Jika Anda tidak menyukai air putih, coba tambahkan jeruk atau percikan jus, yang memiliki banyak rasa tapi tidak ada kalori, demikian kata Cynthia Sass, juru bicara American Dietetic Association.
  • Pikirkan tentang apa yang anda butuhkan
    Pikirkan tentang apa yang anda butuhkan, bukan malah memikirkan apa yang anda inginkan. Banyak orang yang tidak menyadari adanya pilihan-pilihan saat akan mengkonsumsi sesuatu, sehingga jajanan yang menarik perhatiannya dan membuat dirinya penasaran untuk mencoba, atau ingin kembali merasakan kelezatannya, akhirnya merusak program diet.
Kuasailah pikiran andam lalu mulailah dengan berfokus pada konsumsi buah-buahan yang dianjurkan, 5-9 porsi buah dan sayuran setiap hari.
  • Pertimbangkan apakah Anda benar-benar lapar
    Setiap kali Anda merasa seperti ingin makan, selidikiliah baik-baik apakah anda memang dalam kondiri lapar atau hanya merasa ingin makan saja. Michelle May, penulis buku Am I Hungry? Berkata bahwa; Kelaparan adalah cara tubuh Anda memberitahu Anda bahwa Anda perlu bahan bakar, sehingga ketika keinginan untuk makan bukan karena lapar, maka anda tidak akan pernah merasa puas untuk makan.
Perut Anda hanya sebesar kepalan tangan Anda, sehingga hanya memerlukan sedikit makanan untuk mengisinya dengan nyaman. Menjaga porsi makanan secara masuk akal akan membantu Anda lebih rajin memperhatikan kebutuhan akan makanan dibandingkan perasaan ingin makan.
  • Jadilah seorang pemilih untuk makanan ringan di malam hari
    Anda mungkin akan kehilangan akal atau kebingungan ketika memiliki kebiasaan ngemil saat santai setelah makan malam, dan harus menjalankan diet yang menuntut anda tidak menjadi pengemil jadi-jadian yang bebas menikmati camilan sesuka hati. Duduk dengan sekantong keripik atau kue di depan televisi adalah contoh amnesia makan, di mana makan bukan karena rasa lapar, tapi karena kebiasaan, kata juru bicara American Dietetic Association Malena Perdomo.
Biasakanlah untuk menghindari daput pada jam tertentu di malam hari, atau nikmatilah camilan rendah kalori. Biasakan diri anda dengan rutinitas tersebut, agar tubuh anda mulai nyaman dengan makanan/minuman rendah kalori.
  • Nikmati makanan favorit Anda
    Saya pikir meletakkan menghindari makanan favorit hanya akan mengarah ke penambahan berat badan karena memicu Rebound makan berlebihan, kata Sass. Alih-alih menjauhi makanan favorit Anda sama sekali lalu menjadi seorang slim shopper yang lebih memilih membeli sepotong kue roti segar, bukannya sekotak penuh. Anda tetap dapat menikmati makanan favorit anda selama program diet, tentu saja asalkan tidak berlebihan.
Anda dapat menikmati makanan favorit Anda, tetapi Anda harus melakukannya dengan suatu aturan yang tidak melanggar prinsip diet kata Sass.

5 Manfaat Jagung Untuk Nutrisi Ibu Hamil
DokterSehat.Com – Jagung telah menjadi salah satu makanan kita sehari-hari tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui Manfaat Jagung yang sangat luar biasa. Selain rasanya yang enak, jagung juga kaya akan nutrisi dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.
Berikut ini 5 manfaat jagung untuk ibu hamil :
  1. Menyehatkan mata
    jagung mengandung caratenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja. Tidak hanya baik untuk sang ibu, jagung juga bagus untuk mendukung kesehatan mata bayi di dalam perut.
  1. Menjaga kesehatan plasenta
    Menjaga kesehatan plasenta selama kehamilan susah-susah gampang. Dengan memakan jagung secara rutin kita bisa menjaga kestabilan plasenta. Kandungan kalium dalam jagung yang cukup banyak bisa menjaga cairan di dalam tubuh sehingga sel plasenta terjaga keamanannya.
  1. Nutrisi ibu hamil yang lengkap
    Jagung kaya akan Vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk kesehatan syaraf. Jagung juga kaya akan mineral seperti magnesium, mangan, zat besi, tembaga dan juga selenium. Manfaat jagung utnuk nutrisi ibu hamil disini dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan. Badan juga tidak mudah lelah, letih dan pegal-pegal dengan makan jagung secara rutin.
  1. Baik untuk melawan kanker
    Jagung yang kaya antioksidan, ternyata juga ampuh untuk melawan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara dan kanker hati.
  1. Baik untuk kesehatan kulit ibu hamil dan bayi
    Jika sudah diolah menjadi minyak, jagung bisa digunakan untuk produk kencantikan. Ini tidak menyalahi aturan karena sejak dulu orang tua sudah tahu tentang manfaat ini. Untuk bayi setelah lahir juga bagus akan kulitnya lembut dan tidak mudah berbekas bisa mendapat luka.
Pola Makan untuk Anda yang Bergolongan Darah B
DokterSehat.Com – Saat ini, orang-orang memang berusaha keras untuk menjaga agar berat badannya tetap dalam keadaan ideal. Orang-orang dengan berat badan berlebih tentu akan berusaha menurunkan berat badan mereka dengan berbagai cara. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah melalui diet golongan darah. Golongan darah terdiri dari beberapa macam dan setiap orang dengan jenis golongan darah tertentu memiliki karakteristik tubuh yang berbeda-beda, salah satunya adalah mereka yang berdarah B. Golongan darah B merupakan golongan darah universal. Mengenai makanan, orang dengan golongan darah ini sebenarnya tidak begitu bermasalah soal makanan karena mereka boleh mengkonsumsi makanan apa saja. Selain itu, golongan darah ini juga tidak termasuk jenis darah yang langka serta banyak pantangan. Walaupun demikian, dalam diet golongan darah B ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi :
  • Konsumsi daging
    Pemilik golongan darah ini tidak sama dengan mereka yang memiliki golongan darah A karena Anda tidak dituntut untuk menghindari daging atau menjadi vegetarian. Anda memang harus mengurangi konsumsi daging ayam, namun daging jenis lainnya juga masih boleh untuk dikonsumsi, hanya saja sebaiknya porsi daging tersebut lebih dibatasi. Daging yang dianjurkan dan bermanfaat untuk darah B di antaranya adalah daging kambing, daging unggas, daging domba, dan daging kelinci.
  • Konsumsi makan laut
    Jika pada golongan darah A, makanan laut merupakan salah satu jenis makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi. Hal itu justru sebaliknya dengan Anda karena makanan laut dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan sarden, ikan lidah, ikan salem, dan telur ikan juga sangat baik untuk diet Anda.
  • Makanan berprotein
    Golongan darah B sangat bagus jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan hanya sedikit konsumsi produk susu. Makanan yang kaya akan protein di antaranya adalah tempe, tahu, dan telur. Sementara itu produk susu yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit adalah susu kambing, yoghurt, susu sapi, keju kambing, keju mozarella, keju india, kefir, dan keju cottage.
  • Kacang-kacangan
    Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan lain-lain. Selain itu, kue beras, kenari hitam, oatmeal, dan bubur gandum juga bagus untuk kesehatan.
  • Buah dan sayuran
    Beberapa jenis sayur-sayuran bagus untuk dikonsumsi Anda yang memiliki golongan darah B. Sayur-sayuran yang sebaiknya dikonsumsi di antaranya adalah kecambah, bit, kembang kol, wortel, kubis, dan brokoli. Sedangkan untuk buah-buahannya, Anda dapat mengkonsumsi pepaya, nanas, plum, pisang, dan anggur.
  • Bumbu masak
    Untuk bumbu masak, minyak zaitun, bubuk cabai dan bumbu kari baik untuk kesehatan Anda. Sementara itu, bahan herbal yang sebaiknya dikonsumsi adalah jahe, ginseng, peppermint, dan teh hijau.
Waspadai Gejala Tukak Lambung Ini!
DokterSehat.Com – Penelitian mengenai dampak puasa terhadap penderita mag pernah dilakukan para ahli gastroenterologi di negara-negara Islam. Penelitian di Kashmir, Pakistan, menyebutkan bahwa puasa Ramadan bisa membahayakan bagi pasien penderita tukak atau luka pada lambung (peptic ulcer disease) secara umum dan bagi penderita tukak lambung kronis aktif pada khususnya.
Penelitian di Turki juga menunjukkan bahwa kondisi lapar selama puasa Ramadhan juga meningkatkan risiko terkena komplikasi tukak duodenum (usus 12 jari), termasuk perdarahan dan perforasi (luka berlubang) pada lambung. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa puasa Ramadhan bisa meningkatkan risiko terjadinya perdarahan sistem pencernaan atas akut (AUGIB), terutama akibat munculnya tukak duodenum.
Tukak lambung bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah bakteri, penggunaan obat anti-peradangan atau tumor pada sel yang memproduksi asam dalam perut. Tukak lambung sebaiknya diwaspadai dan segera dirawat sebelum menjadi semakin parah. Karena itu, sangat penting mengetahui gejala-gejala tukak lambung berikut ini, seperti :
1. Sakit perut
Salah satu gejala paling penting dan terlihat adalah rasanya sakit pada bagian perut. Namun rasa sakit yang berkaitan dengan tukak lambung biasanya terjadi di daerah antara pusar dengan tulang dada. Biasanya rasa sakit akibat tukak lambung akan semakin parah dalam keadaan perut kosong di malam hari.
Rasa sakit ini juga bisa mereda jika seseorang mengonsumsi makanan tertentu. Rasa sakit akibat tukak lambung juga tidak berlangsung terus-menerus namun biasanya terasa dalam beberapa hari dan menghilang. Jika Anda merasa sakit perut semacam ini dan sering merasakan kadar rasa sakit yang tajam dan parah, kemungkinan itu adalah tukak lambung.
2. Perubahan nafsu makan
Gejala awal tukak lambung lainnya adalah berubahnya nafsu makan. perubahan nafsu makan yang labil, misalkan merasa cepat kenyang pada suatu waktu kemudian merasa selalu lapar di waktu lain yang tak jauh berbeda. Jika ini terjadi, ada kemungkinan Anda memiliki tukak lambung.
3. Penurunan berat badan
Selain perubahan nafsu makan, salah satu gejala tukak lambung adalah turunnya berat badan. hal ini tentu sangat berkaitan dengan berubahnya nafsu makan di poin sebelumnya. Perubahan nafsu makan yang terus signifikan serta rasa sakit perut yang sering datang dan pergi bisa membuat orang malas makan hingga akhirnya mengalami penurunan berat badan.
4. Mual dan muntah
Mual dan muntah tak hanya jadi tanda masuk angin atau gas lambung yang meningkat, namun juga bisa menjadi salah satu gejala tukak lambung. Hal ini disebabkan oleh cairan lambung yang tidak seimbang. Selain itu, jika tukak lambung sudah semakin parah, seseorang juga bisa mengalami muntah darah. Jika ini yang terjadi harus segera dilakukan tindakan cepat karena berarti tukak lambung sudah ada dalam tahap yang serius.
5. Warna kotoran berubah
Semua masalah yang berkaitan dengan pencernaan biasanya bisa dideteksi melalui kotoran, baik bentuk, bau, hingga warnanya. Tak terkecuali dengan tukak lambung. Namun biasanya, deteksi melalui kotoran baru bisa dilakukan ketika tukak lambung sudah dalam tahap serius. Tukak lambung bisa menyebabkan warna kotoran berubah menjadi lebih gelap. terkadang juga ada darah yang bercampur dengan kotoran.
Itulah beberapa gejala tukak lambung, beberapa di antaranya adalah gejala di awal yang patut diwaspadai, sementara beberapa di antaranya menunjukkan gejala tukak lambung yang sudah dalam tahap serius. Meski begitu, jika mendapati gejala di atas jangan tunggu lama hingga tukak lambung menjadi parah. Segera periksakan diri ke dokter agar masalah kesehatan segera dirawat dengan baik.
Alami 5 gejala ini? Segera cek kesehatan mental!
DokterSehat.Com – Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit, stres membuat tubuh untuk memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup seharihari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.
Bagaimana cara mengetahui ketika stres mulai mengganggu kesehatan Anda? Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki beberapa gejala ini, tandanya Anda harus segera memeriksakan kesehatan mental :
  1. Sering menggerutu
    Jika biasanya Anda adalah orang yang tenang, mudah merasa senang, namun akhir-akhir ini sering merasa seperti penggerutu, mudah protes atau bertengkar karena hal kecil, serta mudah berdebat dengan orang lain, bisa jadi itu adalah pertanda adanya masalah dengan mental atau emosi. Menggerutu terlalu sering terhadap hal-hal kecil adalah salah satu tanda depresi atau kecemasan. Ini tidak sama dengan perubahan mood yang singkat. Ini menandakan bahwa tingkat kesabaran dan mental Anda menurun.
  1. Tidak bisa tidur
    Banyak orang yang kurang tidur, namun tidak bisa tidur adalah perkara lain. Tidak bisa tidur di malam hari tak hanya berbahaya karena bisa membuat Anda ngantuk di siang hari atau saat mengemudi, namun juga sebuah tanda bahwa Anda tengah mengalami masalah dengan mental. Cobalah untuk memeriksakan diri terlebih dahulu pada dokter. Jika tak ada penyakit fisik yang membuat Anda tak bisa tidur, penyebabnya kemungkinan besar adalah masalah mental.
  1. Tidak suka bertemu orang
    Salah satu gejala depresi paling awal adalah ketika seseorang merasa malas bertemu atau berkomunikasi dengan orang lain. Jika Anda mulai menghindari orang di sekitar dan tak suka aktif di media sosial, kemungkinan besar Anda mulai mengalami depresi atau stres.
  1. Banyak makan atau tak nafsu makan
    Ada beberapa waktu ketika seseorang memiliki nafsu makan besar, seperti ketika liburan dan lainnya. Namun jika nafsu makan terus tak stabil, kemungkinan itu berkaitan dengan stres atau masalah emosi. Penelitian di Harvard Medical School menemukan bahwa stres jangka pendek bisa menghilangkan nafsu makan, namun stres dalam jangka panjang bisa meningkatkan nafsu makan.
  1. Tidak bisa santai
    Jika Anda merasa tak bisa tenang, pikiran terus terpacu untuk memikirkan berbagai masalah yang Anda hadapi, itu adalah gejala dari kecemasan. Tak seperti depresi yang biasanya datang dan pergi, kecemasan bisa konstan dan biasanya tak disadari. Biasanya kecemasan jangka panjang akan memicu gejala seperti sakit kepala, bahu yang pegal, masalah pernapasan dan pencernaan. Jika Anda mulai merasa tak bisa santai dan sering cemas, serta mengalami gejala tersebut sebaiknya cari bantuan ahli.
Itulah beberapa gejala ketika kesehatan mental sedang bermasalah. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut itu berarti waktunya memeriksakan kesehatan mental. Anda juga bisa mengurangi gejala stres di atas dengan melakukan meditasi, olahraga, atau lainnya.
bahaya kesehatan terlalu sering berada di ruangan ber-AC
DokterSehat.Com – Berada di ruangan ber-AC adalah hal yang saat ini sulit untuk terpisahkan di dalam hidup Anda. Mulai dari sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, hingga rumah semuanya menggunakan AC untuk menyejukkan udara.
Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan Anda? Inilah bahaya yang tersimpan jika Anda sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC seperti dilansir dari boldsky.com.
  1. Mudah lelah
    Salah satu efek kesehatan dari terlalu sering berada di ruangan ber-AC adalah mudah lelah. Hal ini terjadi karena Anda kurang menghirup udara yang segar. Kelelahan yang berkepanjangan bisa menyebabkan mual, sakit kepala, gangguan saraf, bahkan depresi.
  1. Sulit bernapas
    Kesulitan bernapas adalah gangguan kesehatan yang paling sering terjadi saat terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Sebab banyak pendingin udara yang mengandung zat kimia seperti p-dichlorobenzene dan formaldehida yang memicu penyakit pernapasan.
  1. Masalah reproduksi
    Selain bahan kimia di atas, AC juga mengandung phthalates yang merupakan senyawa asam phtalic. Bahan ini jika bersinggungan dengan tubuh Anda terlalu lama maka dapat menyebabkan masalah reproduksi.
  1. Meningkatkan resiko kehamilan
    Ibu hamil yang terlalu sering berada di ruangan ber-AC bisa mengalami gangguan kehamilan. Hal ini disebabkan karena adanya phthalates yang dapat menyebabkan cacat lahir.
  1. Ketidak seimbangan hormone
    Masalah hormonal juga sering terjadi ketika Anda berada di ruangan ber-AC. Lagi-lagi karena hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia phthalates yang menjadi komponen utama pembuat AC.
Bagi anda yang sering berada di ruangan ber-AC, ada beberapa tips untuk menghindari dampak-dampak buruk yang telah dijelaskan sebelumnya, diantaranya adalah :
  1. Habiskan jam makan siang di keluar
    Ketika bekerja di kantor dengan ruangan ber-AC, keluarlah saat jam makan siang tiba untuk mendapatkan udara segar. Jangan habiskan jam makan siang anda di ruangan. Untuk kondisi di rumah, bukalah jendela kamar dan pintu agar sinar matahari dapat masuk.
  1. Atur suhu AC
    Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat mempengaruhi sendi. Oleh sebab itu pastikan suhu AC ruangan diatur agar tubuh tidak kaget akibat perubahan suhu yang berubah secara tiba-tiba dan berbeda dari lingkungan luar yang panas.
  1. Memakai pakaian hangat
    Pakailah pakaian yang dapat menghangatkan tubuh ketika berada di ruangan ber-AC seperti jaket atau pakaian lengan panjang dengan bahan yang cukup tebal. Apabila anda di ruangan terbuka, lepaskanlah pakaian hangat tersebut.
  1. Minum air putih yang cukup
    Minumlah air putih yang cukup sekalipun anda berada di ruangan ber-AC agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan tunggu hingga rasa haus datang.

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya