Informasi Kesehatan Indonesia


Dokter Sehat - Informasi Kesehatan Indonesia


  • Eye Floater, Bintik Mata Yang Sangat Mengganggu
  • Langkah Mudah Atasi Jari-Jari Tangan yang Kram dan Kesemutan
  • Waspadai Kebocoran Plasma Darah Saat Menderita DBD
  • Ajarkan 4 Kebiasaan Baik Ini Agar Anak Tidak Mudah Sakit
  • Tanda-tanda Anak dengan Penyakit Darah Leukimia
  • Penyebab diare yang jarang disadari
  • Resiko Dibalik Operasi Mata Laser
  • Apa Saja Penyakit Kelamin Wanita yang Disebabkan Oleh Virus?
  • Ibu Hamil, Butuh Beberapa Nutrisi Penunjang Ini
  • Efektif Mengobati Alopecia Dengan 5 Bahan Alami Ini
Posted: 17 Aug 2014 05:00 PM PDT
DokterSehat.Com – Kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Bagaimana pun, mata merupakan organ vital yang cukup rentan terhadap berbagai macam efek dari lingkungan, sekecil apa pun itu, seperti misalnya debu dan polusi udara.
Floater pada mata (eye floater) biasanya terjadi pada orang yang miopia tinggi (rabun jauh tingkat tinggi/minus tingkat tinggi), floater pada mata biasa menunjukkan terjadinya gangguan pada bagian retina mata. Benda kecil yang berterbangan ini bisa terjadi dikarenakan adanya penggumpalan cairan di dalam badan kaca (Aquos Humor). Memang kelihatannya benda yang berterbangan itu ada di depan kita, namun sebenarnya ia ada di belakang atau tepatnya di dalam mata kita.
Proses timbulnya adalah pada badan kaca (Aquos Humor) itu terjadi penciutan atau pengerutan karena bertambahnya usia sehingga akan menarik badan kaca dari nempelnya ke retina, nah ini yang menjadikan munculnya floaters. Floaters bisa saja terjadi pada orang yang menderita myopia terutama tinggi dan yang telah dioperasi katarak, bisa juga karena adanya radang pada badan kaca, bisa juga sejak lahir.
Seperti dikutip dari www.betterhealth.vic.gov.au, saat mengalami hal ini Anda akan merasa ada bintik kecil atau garis bening yang sangat mengganggu saat Anda melihat area terang seperti pemandangan langit yang biru, pantai, atau dinding putih. Gangguan ini terjadi pada bagian cairan seperti jelly di dalam bola mata bernama vitreous humor atau badan bening.
Karena vitrous humor ini memiliki kandungan kolagen, seiring bertambahnya umur juga akan mengalami penuaan seperti kolagen yang ada di kulit. Hanya saja penuaan kolagen atau vitrous humor di dalam mata muncul dengan cara mengganggu kejelasan penglihatan. Serat kolagen yang halus akan menyusut dan menjadi rusak hingga membentuk gumpalan remah-remah kecil yang tercabik yang akhirnya tersebar di dalam cairan tersebut.
Bintik atau remah yang tersebar ini akan ikut bergerak jika bola Anda juga bergerak. Jadi, Anda mungkin akan melihat bintik berbeda dengan posisi yang berbeda pula saat Anda melihat setiap pemandangan. Keadaan ini tidak berbahaya, hanya saja penglihatan jadi terganggu dan apabila ada peningkatan jumlah bintik bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit.
Perubahan ini sebenarnya dapat terjadi pada segala usia tergantung dari seberapa sehat mata Anda, namun umumnya terjadi pada usia lanjut kisaran umur 50 hingga 75 tahun dan risiko meningkat untuk Anda yang pernah mengalami operasi mata karena katarak atau dengan keadaan mata rabun jauh.
Keadaan gangguan mata ini bisa berubah semakin parah dan mempengaruhi kemampuan retina dalam menerima cahaya. Jika Anda atau orangtua mengalami hal ini, tanyakan apakah hal ini sudah mulai sangat mengganggu dan mulai berkonsultasi lah ke dokter mata.
Posted: 17 Aug 2014 04:00 PM PDT
DokterSehat.Com – Kesemutan pada pergelangan tangan, ibu jari, jari terunjuk, dan jari tengah. Apabila kondisi tersebut terus didiamkan, otot pada telapak tangan sisi ibu jari akan mengecil. Panas jatau nyeri (terutama ketika malam), sering disertai kesemutan. Keluhan nyeri itu terjadi pada lengan bawah dan siku, terkadang juga di daerah bahu. Rasa nyeri itu biasanya sedikit berkurang, apa bila di penderita memijat atau mengistirahatkan tangan dengan meletakkannya pada posisi yang lenih tinggi.
Kesemutan pada jari-jari tangan sering dialami oleh siapa saja saat ini, tidak memandang jenis kelamin dan pekerjaan, mulai dari, wartawan, mekanik sampai ibu-ibu rumah tangga. Carpal tunnel syndrome (CTS) dalam bahasa Indonesia sebut sindrom terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus didaerah pergelangan tangan.
Jika Anda mengalami kram atau kesemutan jari-jari tangan, atasi dengan enam langkah ini :
  1. Biarkan tangan Anda beristirahat selama 15 menit saat jari-jari tangan Anda mulai terasa kram atau kaku, memaksa jari tangan Anda untuk terus bekerja saat kram atau kesemutan sudah terasa hanya akan memperburuk kondisi Anda.
  1. Lakukan peregangan di jari-jari tangan Anda, tingkatkan fleksibilitas otot-otot di tangan Anda. Salah satu caranya adalah dengan menekankan telapak tangan Anda ke lantai, lalu gunakan jari telunjuk tangan satunya untuk mengangkat satu per satu jari di tangan yang satunya. Tahan selama lima detik untuk setiap jari.
  1. Minum banyak air putih. Saat tubuh Anda kekurangan cairan, otot-otot tangan Anda akan mudah terasa kram dan kesemutan.
  1. Bunyikan ruas-ruas jari Anda. Meskipun kebiasaan ini sangat tidak direkomendasikan, tetapi ada fakta yang menunjukkan bahwa mobilitas sendi Anda bisa meningkat setelah Anda membunyikan ruas-ruas jari Anda.
  1. Gunakan atau oleskan obat pereda nyeri atau rasa sakit jika rasa kram dan kesemutan di jari-jari Anda tidak juga reda.
  1. Kalau rasa kram dan kesemutan tidak juga sembuh selama berhari-hari, jangan ragu untuk menghubungi dokter.
Untuk mencegah terjadinya kram atau kesemutan di jari-jari tangan Anda, usahakan untuk melakukan peregangan otot-otot jari Anda sebelum mulai beraktivitas. Dan, beri waktu untuk jari-jari tangan Anda beristirahat selama beberapa menit sekali ketika bekerja.
Posted: 17 Aug 2014 07:38 AM PDT
DokterSehat.Com – Hingga saat ini Indonesia masih menjadi endemis penyakit demam berdarah dengue (DBD), kasus DBD masih sering ditemui di sejumlah tempat di Indonesia. Masa inkubasi DBD dimulai dari gigitan nyamuk hingga timbulnya gejala berlangsung selama dua pekan. Setelah digigit, virus memasuki masa inkubasi dan berada di darah penderita selama 5-9 hari. Pasien mengalami kebocoran plasma yang mengandung air, gula dan elektrolit dari dalam pembuluh darah ke jaringan sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, kebocoran plasma dapat menyebabkan gejala penyakit ringan, berat, bahkan berujung pada kematian.
Jika daya tahan tubuh tidak mampu mentralisir virus dengue maka orang tersebut akan mengalami berbagai gejala. Dokter spesialis penyakit dalam RSCM Dr. dr. Leonard Nainggolan, menuturkan bahwa umumnya DBD ditandai dengan demam tinggi mendadak, sakit kepala hebat, sakit di belakang mata, otot, sendiri, hilang nafsu makan, mual-mual, dan ruam.
Oleh karena itu, pengobatan utama dan paling penting terhadap kebocoran plasma ini adalah dengan segera mengganti cairan akibat kebocoran plasma seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis penyakit dalam RSCM Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI.
DBD adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk dan bersifat epidemik (dapat ditularkan antar manusia). Penyakit ini ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis dan menjangkit luas di banyak negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Selain itu, penyakit ini juga bersifat musiman yang ditemukan biasanya pada musim hujan yang memungkinkan vektor penular (Aedes aegypti dan Aedes albopictus) hidup di genangan air bersih. Berdasarkan Riskesdas 2007, adanya pergeseran penyakit DBD yang semula dikenal sebagai penyakit anak – anak, namun kini banyak ditemukan pada penderita dewasa. Prevalensi tertinggi ditemukan pada kelompok umur 25 – 34 tahun.
Sama halnya dengan nyamuk lain, masa inkubasi DBD dimulai dari gigitan hingga timbulnya gejala berlangsung selama dua minggu. Penderita akan mengalami masa inkubasi selama 5-9 hari setelah gigitan nyamuk. Nah, jika daya tahan tubuh penderita sangat lemah, maka penderita akan mengalami DBD.
Dr Leonard menjelaskan, umumnya DBD ditandai oleh demam tinggi mendadak, sakit kepala hebat, rasa sakit di belakang mata, otot dan sendi, hilangnya nafsu makan, mual-mual dan ruam (kemerahan pada kulit). Gejala pada anak-anak dapat berupa demam ringan yang disertai ruam. Tak hanya itu. Penderita pada penderita DBD sering terjadi trombositopenia (kadar trombosit di bawah rata- rata normal) dan umumnya jumlah trombosit <100.000 per milimeter kubik.
Maka dari itu, untuk mencegah DBD, perlu dilakukan upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, memiliki pemahaman yang benar seputar demam berdarah dan menjaga daya tahan tubuh.
Posted: 17 Aug 2014 06:35 AM PDT
DokterSehat.Com – Kekhawatiran orang tua ketika buah hatinya sedang sakit, oleh karena itu mungkin ada kekhawatiran dari orangtua jika anak-anak bermain di lingkungan yang kotor. Sebagai orang tua, kita pun perlu memperlihatkan kebiasaan-kebiasaan baik agar mereka bisa meniru. Salah satunya adalah empat kebiasaan baik yang bisa membantu mereka agar tidak mudah jatuh sakit.
  1. Kebiasaan mencuci tangan
    Seperti yang dilansir oleh parents.com, mencuci tangan secara teratur bisa mengurangi peluang penularan penyakit pernapasan dan pencernaan. Ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, atau setelah melakukan aktivitas. Agar kegiatan mencuci tangan bisa lebih menyenangkan, lakukan sambil menyanyikan sebuah lagu ceria. Mencuci tangannya pun harus benar-benar bersih, setidaknya harus menggosok tangan dengan sabun selama 15-20 detik.
  1. Olahraga dan beraktivitas aktif
    Penelitian membuktikan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secar teratur bisa memperkecil peluang terkena penyakit flu dan pilek. Dengan olahraga, sirkulasi sel-sel pelawan infeksi bisa lancar. Harley A. Rotbart, M. D., penulis buku Germ Proof Your Kids: the Complete Guide to Protecting (Without Overprotecting) Your Family from Infections mengungkapkan bahwa olahraga lebih baik dari obat-obatan yang beredar di pasaran. Jadi ajak anak Anda untuk bersenang-senang beraktivitas aktif di luar ruangan atau sekadar main kejar-kejaran di taman.
  1. Tidur cukup dan teratur
    Biasakan anak Anda untuk tidur secara teratur. Misalnya, beritahukan bahwa pukul 9 malam adalah saatnya untuk tidur. Pada umumnya bayi butuh waktu tidur 14 jam per hari. Sementara anak-anak usia dini butuh 11-13 jam tidur. Tidur dengan jadwal yang rutin dan sama setiap hari juga melatih anak Anda untuk lebih disiplin. Dan pastinya anak Anda bisa terjaga kesehatannya dan terhindar dari serangan penyakit.
  1. Makan sayur dan buah
    Ingin anak Anda memiliki sistem imun yang baik? Penuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Pilih makanan yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, stroberi, dan jeruk, serta yang kaya akan vitamin D seperti ikan tuna, fortified milk (susu dengan tambahan vitamin), dan sereal. Mengonsumsi yogurt dengan probiotik aktif juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh.
  1. Jangan melindungi terus
    Membiarkan anak bermain tanah atau air akan membuat tubuhnya mengenal berbagai kuman, virus, atau bakteri. Dari pengenalan itulah tubuh akhirnya mampu menghasilkan antibodi untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut. Dengan demikian anak tidak akan mudah sakit. Hal ini berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus.
Tubuhnya tidak mampu melawan jika ada penyakit datang karena tidak pernah berkenalan dengan sumber penyakit. Namun perlu diingat sebagai orang tua kita tetap memberikan rambu-rambu sampai sejauh mana anak boleh bermain.
Jika anak sudah diajarkan kebiasaan baik sejak dini, maka ia pun bisa terus melakukan kebiasaan baik tersebut hingga dewasa. Memang butuh kedisiplinan dan ketegasan, tapi demi kebaikan anak Anda, Anda harus sebisa mungkin memberikan pemahaman dan alasan kenapa kebiasaan ini perlu dilakukan.
Posted: 17 Aug 2014 05:35 AM PDT
DokterSehat.Com – Moms, sebaiknya lebih waspada lagi dalam mengawasi kesehatan anak. Bagaimana tidak, akhir-akhir ini banyak kasus mengenai penyakit darah leukimia yang menimpa anak-anak. Memang terdapat banyak jenis dari leukimia itu sendiri, namun, dari semua kasus yang terjadi pada anak, penyakit leukimia banyak yang akut. Akut berarti penyakit tersebut menyebar dengan cepat. Hanya sedikit dari sekian banyak kasus leukimia yang perkembangannya lamban.
Seperti yang telah dilansir oleh webmd.com, gejala leukimia sering membawa pasien kepada dokter. Hal ini sangat baik karena otomatis penyakit ini dapat diketahui sejak dini dan dapat segera ditangani. Banyak sekali gejala leukimia yang terjadi saat sel-sel leukimia mengeser sel-sel normal.
Berikut ini beberapa tanda leukemia pada anak-anak :
  1. Demam dan mudah terkena infeksi
    Karena sel darah putihnya abnormal, kuman yang masuk jadi tidak bisa dilawan sel darah putih. Sel darah putih yang harusnya bertugas melindungi tidak berfungsi. Akibatnya anak jadi rentan kena infeksi dan sering demam.
Demam dan infeksi adalah tanda awal leukemia, tidak mudah memang membedakan dengan demam lainnya seperti flu. Tapi demam pada leukemia biasanya lebih dari 38 derajat celcius yang berlangsung beberapa hari dan sering terjadi.
  1. Anemia
    Anemia terjadi karena tubuh kekurangan sel darah. Anak-anak leukemia umumnya mengalami anemia dengan ciri-ciri muka pucat, tidak bertenaga alias lemas, gampang lelah dan sesak napas.
  1. Nyeri tulang
    Nyeri tulang ini bukan karena luka atau memar, nyeri tulang pada anak leukemia biasanya semakin memburuk dari waktu ke waktu karena sumsum tulangnya terakumulasi sel-sel darah putih yang abnormal.
  1. Kelenjar yang bengkak
    Kelenjar getah bening bengkak merupakan salah satu gejala awal sering diamati pada anak leukemia. Bengkak akibat kelenjar bisa terlihat di dada, pangkal paha leher dan ketiak. Kelenjar getah bening bisa membengkak karena akumulasi sel-sel darah putih yang abnormal.
Bedanya dengan bengkak kelenjar pada sakit lainnya adalah pada anak leukemia berlangsung selama beberapa hari berbeda dengan bengkak karena sakit flu.
  1. Mudah berdarah dan memar
    Anak-anak leukemia gampang sekali berdarah dan memar yang merupakan tanda tingkat pembekuan darahnya rendah, trombosit adalah fragmen sel atau sel yang membantu darah untuk membeku yang diproduksi oleh sumsum tulang. Rendahnya tingkat trombosit dalam tubuh dapat mengakibatkan keterlambatan dalam pembekuan darah sehingga anak-anak leukemia gampang berdarah untuk periode yang sering.
  1. Gejala lainnya adalah mimisan, perdarahan gusi, kesulitan bernapas, kehilangan nafsu makan, berat badan rendah, sakit kepala, hati dan limpa membesar, keringat berlebihan pada malam hari dan munculnya bintik-bintik merah kecil pada kulit, yang dikenal sebagai petechiae.
Diagnosis leukemia dilakukan dengan pemeriksaan fisik, tes darah darah lengkap, CT scan, MRI, biopsi sumsum tulang, apusan darah tepi, dan analisis cytogenic dan tekan tulang belakang.
Pilihan pengobatan kanker yang biasa tersedia untuk leukemia adalah kemoterapi, terapi radiasi, transplantasi sumsum tulang dan terapi biologi.

Posted: 16 Aug 2014 10:30 PM PDT
DokterSehat.Com – Diare atau diarrhea adalah sebuah penyakit dimana penderita mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus dengan tinja atau fases yang masih memiliki kandungan air berlebihan.
Ketika terkena diare, banyak langsung berpikir makanan apa yang sudah mereka konsumsi. Karena biasanya diare dipicu oleh makanan yang salah, atau cuaca yang tak bersahabat. Namun diare juga bisa disebabkan oleh hal lain yang seringkali tak disadari oleh banyak orang.
Berikut adalah beberapa penyebab diare yang tak biasa dan seringkali tak diketahui oleh banyak orang :
  • Sorbitol
    Sorbitol adalah salah satu pemanis buatan yang bisa ditemukan di banyak produk bebas gula. Sorbitol biasanya terdapat pada permen karet, obat batuk, minuman berenergi, jus, dan selai. Banyak orang yang tak menyadari adanya sorbitol dalam makanan mereka, hal inilah yang membuat mereka tak tahu bahwa sorbitol juga bisa menyebabkan diare.

Ketika dicerna, sorbitol akan memicu air untuk masuk ke saluran usus dan bisa menyebabkan diare. Untuk itu, sangat penting mengecek label makanan sebelum mengonsumsinya. Jika makanan tersebut mengandung sorbitol, ada baiknya Anda waspada. Atau jika Anda mengalami diare setelah mengonsumsi produk tertentu, cek apakah di dalamnya ada sorbitol.
  • Olahraga berlebihan
    Olahraga memang bisa membuat tubuh bugar dan sehat. Namun jangan salah, olahraga berlebihan juga bisa berakibat buruk untuk tubuh Anda. Terlalu banyak berolahraga bisa membuat tubuh pegal-pegal atau otot cedera. Namun tak hanya itu, olahraga berlebihan juga bisa memicu diare.
Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan suplai darah berkurang pada saluran pencernaan dan otot. Hal ini bisa menyebabkan kram. Tak hanya itu, ini juga bisa menyebabkan diare dan terkadang bahkan menyebabkan pendarahan saat buang air besar. Untuk itu, jangan melakukan olahraga secara berlebihan, cek juga kesehatan tubuh Anda dan lakukan istirahat yang cukup.
  • Parasit giardia
    Ini adalah salah satu penyebab diare yang sulit sekali dideteksi. Tentu saja orang akan sulit mengetahui ketika ada parasit yang masuk ke dalam tubuhnya, karena ukuran parasit yang sangat kecil dan seringkali tak disadari. Banyak orang yang mengalami diare ringan selama berminggu-minggu atau bahkan bulan namun tidak mengetahui apa penyebabnya.
Giardia, salah satu jenis parasit yang bisa ada di air segar adalah salah satu penyebabnya. Giardia bisa hidup di air segar yang ada di alam terbuka. Parasit ini bisa masuk ke saluran pencernaan dan menyebabkan bakteri. Sebaiknya berhati-hatilah jika Anda sedang mendaki gunung kemudian minum air dari danau yang terlihat bersih atau berenang di sana. Salah satu tanda jika diare Anda disebabkan oleh giardia adalah kotoran yang berbau seperti belerang.
  • Antibiotic
    Antibiotik bisa membantu Anda untuk meredakan penyakit atau bahkan membunuh parasit giardia yang menyebabkan diare. Tetapi, antibiotik juga bisa memicu masalah pencernaan seperti diare. Ketika seseorang terkena infeksi sinus, melakukan perawatan gigi, dan lainnya, seringkali disarankan untuk mengonsumsi antibiotik. Dalam batas tertentu, antibiotik bisa mengubah bakteri dalam pencernaan dan menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan buruk menjadi rusak. Hal inilah yang kemudian memicu diare.
Jika Anda mengalami diare ketika mengonsumsi antibiotik, tanyakan pada dokter apakah Anda harus berhenti mengonsumsinya. Anda juga bisa mencegahnya dengan mengonsumsi yogurt yang kaya probiotik agar bakteri dalam pencernaan tetap seimbang. Salah satu alasan mengapa antibiotik bisa menyebabkan diare adalah bahwa obat tersebut bisa memicu bakteri bernama clostridium difficile (C.diff) untuk berkembang biak terlalu cepat sehingga tak hanya menyebabkan diare tetapi juga demam. Jika ini yang terjadi, segera periksa ke dokter.
  • Minuman beralkohol
    Alkohol tak hanya bisa menyebabkan masalah serius seperti menurunnya kemampuan otak atau merusak lever, tetapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan ringan dan sedang seperti diare. Karbohidrat yang ada dalam minuman beralkohol sangat besar dan akan terfermentasi dalam usus. Ini akan menyebabkan produksi gas meningkat dan memicu diare.
Itulah beberapa hal yang secara tak disadari bisa menyebabkan diare. Jika Anda mengalami diare, padahal tak mengonsumsi makanan yang aneh atau seolah tak melakukan apapun yang salah dengan pencernaan, bisa jadi salah satu dari hal di atas penyebabnya.

Posted: 16 Aug 2014 09:30 PM PDT
DokterSehat.Com – Operasi laser mata dirancang untuk merawat refractive error (kesalahan bias) dan memperbaiki penglihatan, tidak perlu heran, jika teman Anda tak lagi membutuhkan kacamata atau lensa kontak. Namun, apakah itu aman?
Berikut adalah risiko operasi laser pada mata :
  • Mata kering
    Operasi dengan menggunakan laser yang diarahkan ke bagian mata dapat sangat mengancam, terlebih jika terjadi kesalahan. Mata kering menjadi efek paling umum yang terjadi pasca operasi LASIK apabila kelenjar air mata terpengaruh sorotan laser. Akibatnya, mata kehilangan kemampuan melembabkan alaminya.
  • Efek samping gangguan melihat
    Penglihatan yang bermasalah di malam hari dan seakan terdapat bintik-bintik pada setiap objek adalah resiko operasi ma LASIK selanjutnya, hal itu terjadi akibat kesalahan teknik koreksi kornea yang terjadi selama prosedur berlangsung.
  • Resiko kebutaan
    Alih-alih memperbaiki daya penglihatan yang menurun akibat minus, Anda justru terpapar resiko yang sangat mengerikan. Anda hanya dapat melakukan lasik apabila level minus mencapai 7 atau lebih. Sementara itu, jika minus Anda belum 7, resiko kebutaan akibat operasi bisa mengancam.
  • Bulu mata tumbuh di tempat tak seharusnya
    Sorotan laser operasi LASIK juga dapat mengakibatkan kerusakan sisi dalam kelopak mata. Sebagai akibatnya, bulu mata bisa tumbuh ke dalam bola mata. Dan gara-gara kondisi itu, Anda bisa jadi harus menjalani prosedur operasi lainnya.
Meski keampuhan lasik dalam mengatasi gangguan penglihatan tidak diragukan lagi, resiko di atas seharusnya jadi bahan pertimbangan Anda. So, konsultasikan semuanya kepada ahli terlebih dahulu ya.
Posted: 16 Aug 2014 08:30 PM PDT
DokterSehat.Com – Kelamin merupakan organ yang sangat penting bagi manusia karena merupakan alat reproduksi, jika sampai kelamin mengalami gangguan atau penyakit akan menyebabkan juga gangguan pada system reproduksi. Jadi sangat penting untuk mengetahui penyakit kelamin, utamanya penyakit kelamin wanita.
Apa saja jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh virus?
  • Herpes
    Herpes Simplex Virus (HSV) adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit kelamin wanita herpes. Seperti dijelaskan www.nlm.nih.gov, terdapat banyak jenis virus dalam keluarga herpes, namun yang paling umum kita kenal adalah HSV 1 dan HSV 2. HSV 1 adalah jenis virus yang mengakibatkan penyakit luka dingin, sementara HSV 2 adalah jenis virus yang mengakibatkan penyakit herpes genital, yakni herpes yang menyerang alat vital wanita.
  • Kutil kelamin
    Human Papilloma Virus atau disingkat HPV adalah jenis virus yang menyebabkan terjadinya penyakit kelamin wanita kutil kelamin, kutil kelamin atau dikenal juga dengan nama genital warts adalah penyakit kelamin wanita yang menyebabkan timbulnya benjolan seperti bisul pada alat kelamin. Penyakit ini ditularkan melalui hubungan suami-istri.
  • AIDS
    Penyakit kelamin wanita mematikan satu ini juga diakibatkan oleh virus. AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi virus HIV pada tubuh. Seperti disebutkan www.aids.gov, AIDS sangat berbahaya karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, karenanya penderita AIDS akan mudah sekali terserang infeksi virus lainnya. Pendeteksian penyakit AIDS hanya bisa dilakukan melalui tes darah.
Nah, itulah informasi mengenai virus yang menjadi penyebab beberapa penyakit kelamin yang kita ketahui ladies!
Posted: 16 Aug 2014 07:30 PM PDT
DokterSehat.Com – Idealnya Anda perlu menyiapkan tubuh Anda 6-12 bulan sebelum hamil, tapi kehamilan bisa saja terjadi di luar rencana dan dugaan Anda. Dan ketika hamil, Anda harus lebih memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.
Kehamilan membuat Anda perlu menjaga kesehatan yang juga berpengaruh terhadap kondisi calon buah hati, menjaga kesehatan bisa dengan istirahat yang cukup dan faktor makanan. Nah, kali ini akan dikupas lebih dalam lagi faktor makanan yang menunjang kesehatan wanita hamil.
Dalam mengonsumsi makanan, Anda juga harus cermat dan memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Perbanyak sayur dan buah
    Sebaiknya Anda memperbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Karena, selain kedua jenis makanan itu kaya akan vitamin dan mineral juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Selain itu, perlu diketahui bahwa radikal bebas dapat mengganggu kesehatan ovarium, organ reproduksi dan lainnya.
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega3
    Omega3 bermanfaat untuk pertumbuhan otak janin. Tidak hanya itu, omega3 juga dapat mencegah bayi lahir prematur, menurunkan risiko Ibu mengalami preeclampsia (tekanan darah tinggi saat hamil) dan depresi. Omega3 banyak ditemukan dalam seafood, seperti udang, ikan tuna dan salmon. Bagi Ibu yang memiliki alergi terhadap hidangan laut, tentunya harus menghindari hidangan ini, sebagai penggantinya, omega3 bisa di dapat dari jenis ikan lain seperti lele. Anda bisa mengonsumsi ikan ini sekitar 2 kali dalam seminggu.
  • Penuhi kebutuhan zat besi
    Zat besi bermanfaat untuk mencegah terjadinya peningkatan risiko anemia yang dapat membuat tubuh tidak bertenaga. Daging merah adalah salah satu sumber zat besi yang bagus untuk Anda. Namun, sebagai informasi bahwa Anda harus memasak daging merah hingga benar-benar matang. Hal itu bertujuan agar semua bakteri dan kuman yang ada di dalamnya dapat mati.
  • Suplemen tambahan
    Suplemen tambahan khusus pra-kehamilan hanya diperlukan jika kebutuhan akan nutrisi yang Ibu dapat dari sumber alami, dirasa belum cukup. Suplemen tambahan pun sebelumnya wajib dikonsultasikan dengan dokter, agar dosis yang didapatkan dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan juga tubuh Anda.
Kadang, wanita hamil juga sering mengonsumsi vitamin. Akan tetapi, Anda tidak bisa menganggap enteng dosis vitamin yang Anda konsumsi. Bukannya mendapat manfaat, bisa-bisa malah akan membahayakan kondisi si calon bayi. Di samping itu, konsultasi dengan dokter juga bermanfaat untuk meminimalisir efek samping lainnya dari suplemen tambahan tersebut.
Posted: 16 Aug 2014 06:39 PM PDT
DokterSehat.Com – Rambut rontok adalah hal yang biasa dialami oleh banyak orang namun kadang mereka sangat cemas dengan keadaan ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut. Cara mengatasi kerontokan rambut bukan hanya dengan obat-obatan yang sudah tersedia di toko namun anda juga bisa mengatasinya dengan bahan alami yang jauh lebih aman dan sama-sama efektif. Produk yang di jual di pasaran untuk mengatasi kerontokan memang efektif bahkan bisa mengatasi kerontokan hanya dalam hitungan hari saja namun hal ini tetap menimbulkan efek samping bagi pemakainya. Cara mengatasi kerontokan rambut secara alami lebih banyak pilihannya dan tentu saja tanpa efek samping.
Penyakit autoimun ini sebenarnya tidak menimbulkan kesakitan apa pun di tubuh, yang diserang hanya folikel rambut sehingga rambut terlepas dari akar dan rontok begitu saja. Meskipun belum diketahui pasti mengapa bisa seperti ini, bukan berarti Anda tidak bisa mengatasinya Ladies. Beberapa obat autoimun mungkin bisa menghentikan penyebaran kebotakan, namun tidak membantu menumbuhkan rambut.
Jika Anda mengalami alopecia, berikut ada bahan alami yang bisa dicoba untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut, antara lain adalah :
  • Minyak atsiri
    Minyak atsiri merupakan minyak yang dicampur dari berbagai jenis minyak seperti jojoba oil, minyak biji anggur, minyak lavender, thyme, rosemary dan kayu cedar. Oles ke kulit kepala botak dan pijat merata. Gunakan ini setiap hari dan lebih baik dioles saat malam hari saat Anda akan tidur.
  • Daun inai atau henna
    Daun inai atau biasa juga disebut dengan daun pacar yang merupakan bahan alami utama henna, merupakan salah satu solusi yang bisa dicoba. Warnanya yang oranye pekat dapat menutupi kulit botak yang secara perlahan merangsang pertumbuhan rambut. Cukup tumbuk halus 10 lembar daun inai dna bubuhkan pada kulit kepala Anda.
  • Minyak jarak
    Minyak jarak diketahui sejak lama dapat mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat jika dipakai rutin, pijat kepala Anda saat mengoles agar meresap lebih baik dan gunakan saat sebelum tidur. Bilas dan keramas di pagi hari.
  • Kuning telur
    Kuning telur adalah bahan yang bernutrisi tinggi sehingga sangat baik dalam menyuburkan rambut. Buat masker rambut dengan campuran kuning telur, dengan minyak jarak dan madu dan oles merata ke kulit kepala.
  • Bawang merah
    Bawang merah memiliki kandungan belerang tinggi yang bisa membersihkan kulit kepala sekaligus membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Jika kulit Anda sensitif, maka campurkan perasan bawang merah dengan minyak jarak atau sedikit air.

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya