Penyebab Utama Berat Badan Naik

Terdapat beberapa alasan yang memicu kenaikan berat badan seseorang dewasa ini, entah dari gaya hidup, pola makan junk foodyang berlebihan, kurang aktivitas fisik, pola tidur tak teratur dan lain lain. Tim Crowe seorang ahli Nutrisi Akademik dari Deakin University dan penulis lepas di Thinking Nutrition, mempersempitnya jadi penyebab nomor satu kenaikan berat badan seseorang.
Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan berat badan mudah naik :

  1. Kurang tidur
    Seseorang yang terjaga waktu tidur malam atau sering mengalami kesulitan tidur, biasanya memanfaatkan waktu dengan mengemil, oleh karenanya tidur dan kegemukan memiliki kaitan erat. Waktu malam yang terjaga terkadang membawa naluri anda untuk menghabiskan waktu dengan mengemil dimalam hari sehingga berakibat pada tidak terkendalinya atau tidak terkontrol asupan kalori yang masuk dalam tubuh, hal ini disebabkan karena adanya reaksi dari hormon yang memicu nafsu makan anda keluar, namun tidak dapat membuat perut merasa kenyang.
  1. Stress
    Saat keadaan dari suatu perasaan anda mengalami gangguan emosi seperti stress, tubuh akan secara otomatis akan mengeluarkan hormon stress. Hormon tersebut juga dapat memicu menigkatnya nafsu makan, tidak sedikit orang yang terkadang dalam keadaan perasaan yang labil atau stress dilupakan pada konsumsi makanan secara berlebihan.
  1. Obat-obatan
    Obat antidepresan merupaka salah satu macam obat yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, ditambah jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Ada pula jenis obat lain yang harus diwaspadai seperti obat hipertensi, obat sakit kepala, diabetes dan macam obat lainnya. Karena obat-obat tersebut sering kali berdampak buruk pada kenaikan berat badan.
  1. Hipertiroid
    Hipertiroid memiliki kelenjar tiroid yang berada di sekitar leher yang berbentuk seperti kupu-kupu, jika kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid dengan cukup atau kekurangan tiroid, tubuh akan merasa tanda mudah sekali merasa lelah, lemas, metabolisme tubuh bejalan lambat sehingga berat badan mudah naik.
  1. Suka mengkonsumsi makanan dan minuman manis
    Salah satu penyebab dari obesitas atau kegemukan diamerika adalah akibat dari konsumsi makanan atau minuman manis dengan kalori berlebihan, kelebihan gula tidak dapat memberi manfaat apapun bagi tubuh. Namun pada dasarnya gula dibakar bersama karbohidrat untuk diubah menjadi tenaga, oleh karenanya kurangi konsumsi gula dalam makanan atau minuman anda, termasuk softdrink dan cobalah untuk lebih rajin mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi setiap hari.
by : Dokter Sehat

No comments:

Post a Comment

ayo para peduli kesehatan berikan komentarnya